Selamat Datang Di Website Desa Sukowiyono, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi

Artikel

Khataman Massal Memperingati Tahun Baru Islam

19 Juli 2023 09:19:10  Rita Anggrahini Sulistikawati   100 Kali Dibaca  Berita Desa

Sukowiyono.desa.id - Tahun Baru Islam 2023 atau tanggal 1 Muharram 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu, 19 Juli 2023.

Doa Tahun Baru Islam (awal bulan Muharram) ini dikutip dari kitab Maslakul Akhyar karya Sayid Utsman bin Yahya. Berikut ini lafaz serta artinya.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Artinya: Ya Tuhanku, Engkau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Engkau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Untuk memperingati tahun baru islam diadakan khataman Massal tersebar di seluruh masjid dan musholla (kurang lebih berjumlah 27) yang berada di Desa Sukowiyono (19/07/23). Jama'ah di tiap-tiap musholla atau masjid bergantian membaca Al-Qur'an melalui pengeras suara mulai subuh tadi, sehingga suara lantunan ayat suci terdengar serentak di sepanjang Desa Sukowiyono. Kegiatan ini rutin dilakukan dari tahun ke tahun setiap tanggal 1 Muharram atau biasa disebut 1 Suro, sebagai wujud ketaatan warga masyarakat terhadap perintah beribadah, agar Desa Sukowiyono menjadi lebih baik di tahun 1445 H dan ke tahun berikutnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Yos Sudarso No. 1 Desa Sukowiyono
Desa : Sukowiyono
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : sukowiyono.padas@gmail.com