Selamat Datang Di Website Desa Sukowiyono, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi

Artikel

Sumur Sibel Solusi Petani untuk Menanam Padi Pada Musim Tanam I

26 November 2023 07:00:28  Rita Anggrahini Sulistikawati   36 Kali Dibaca  Berita Desa

Sukowiyono.desa.id - Pada hari Minggu, 26 November 2023, petani di Desa Sukowiyono, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, mulai menanam padi. Namun, pada musim tanam I kali ini, Waduk Pondok tidak dibuka untuk pengairan sawah. Hal ini dikarenakan waduk tersebut masih dalam proses perbaikan dan fokus untuk pengisian volume air waduk.

Meskipun demikian, petani di Desa Sukowiyono tetap bersemangat untuk menanam padi. Mereka memanfaatkan air dari sumur sibel untuk mengairi sawah mereka. Sumur sibel adalah sumur yang dibuat dengan cara menggali tanah hingga mencapai air tanah.

Proses tanam padi di Desa Sukowiyono dilakukan secara gotong royong. Para petani bahu-membahu untuk mengolah tanah, menanam benih, dan menyiram bibit padi. Mereka berharap hasil panen padi mereka nantinya bisa meningkat.

Penggunaan air dari sumur sibel untuk pengairan sawah merupakan upaya petani Desa Sukowiyono untuk meningkatkan kemandirian mereka. Hal ini juga merupakan bentuk adaptasi mereka terhadap perubahan iklim yang menyebabkan kekeringan di musim kemarau.

Berikut adalah beberapa langkah yang dilakukan petani Desa Sukowiyono untuk memanfaatkan air dari sumur sibel untuk pengairan sawah:

  1. Membuat sumur sibel yang lebih dalam agar bisa menampung lebih banyak air.
  2. Membangun saluran irigasi untuk mengalirkan air dari sumur sibel ke sawah.
  3. Menggunakan mesin pompa untuk memompa air dari sumur sibel ke saluran irigasi.

Upaya-upaya tersebut menunjukkan bahwa petani Desa Sukowiyono memiliki semangat yang tinggi untuk terus bertani. Biasanya mereka menunggu air aliran dari Waduk Pondok, namun kali ini tidak menyerah pada kondisi yang ada, tetapi justru mencari solusi untuk mengatasinya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Yos Sudarso No. 1 Desa Sukowiyono
Desa : Sukowiyono
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : sukowiyono.padas@gmail.com