Selamat Datang Di Website Desa Sukowiyono, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi

Artikel

Petani Gropyok Tikus di Sawah Desa Sukowiyono

18 Desember 2022 14:30:29  Rita Anggrahini Sulistikawati   133 Kali Dibaca 

Sukowiyono.desa.id - Pemerintah Desa Sukowiyono, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, bersama puluhan petani melakukan pembasmian hama tikus di persawahan petani, Minggu (18/12/22).

Gotong royong pemberantasan hama tikus dengan kearifan lokal “gropyokan”. Kegiatan tersebut dihadiri oleh bhabinkamtibmas, babinsa, perangkat desa, kelompok tani, dan masyarakat Desa Sukowiyono.

“Gropyokan tikus ini adalah salah satu solusi untuk mengurangi persebaran tikus yang kerap kali merusak tanaman padi,” kata Kepala Dusun Sukowiyono III usai ikut gropyokan bersama warga. Menyarankan untuk membuat rumah burung hantu dan kegiatan gropyokan ini dapat dilakukan bersama secara rutin oleh petani/kelompok tani.

Sementara itu di lapangan, para petani atau kelompok tani beramai-ramai membawa tongkat kayu untuk memukul tikus-tikus berhamburan keluar setelah lubang rumahnya disembur gas dan belerang dari selang kompor.

Dengan kegiatan gropyokan tersebut diharapkan benar-benar dapat memberikan manfaat bagi petani, dan mampu mengurangi jumlah populasi tikus-tikus yang ada di area persawahan Desa Sukowiyono, sehingga petani mendapatkan hasil panen sesuai dengan yang diharapkan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Yos Sudarso No. 1 Desa Sukowiyono
Desa : Sukowiyono
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : sukowiyono.padas@gmail.com