Selamat Datang Di Website Desa Sukowiyono, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi

Artikel

Unit Usaha BUMDesa "Artha Marga Mukti" Sukowiyono

13 Desember 2022 19:50:44  Rita Anggrahini Sulistikawati   199 Kali Dibaca  Berita Desa

Sukowiyono.desa.id - BUMDesa adalah badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa. Desa Sukowiyono mempunyai BUMDesa (Badan Usaha Milik Desa), dengan nama "Artha Marga Mukti".

Unit usaha pertama adalah simpan pinjam dengan modal awal 2003 mendapat hibah 25 juta dari Departemen Perekonomian Kabupaten Ngawi. Kemudian pada 2012 karena kelengkapan administrasi dan perkembangan bagus dapat tambahan modal dari Kabupaten Ngawi 30 juta, dan akhir 2019 mendapat tambahan dari Kemendes 50 juta, permodalan per akhir November 2022 telah menjadi Rp544.997.550,-.

Unit usaha kedua adalah penyediaan peralatan dan perlengkapan pemakaman jenazah yang dimulai pada Desember 2019. Adapun peralatan dan perlengkapan tersebut terdiri dari: kijing+ganjel (batu nisan), papan+patok, peralatan mandi (sabun, shampo, cendana, kapas, kapur barus, jarum, benang, parfum), tumbu, kelapa, kendi, payung, kafan, tikar dan bunga. Dengan harga paket lengkap kijing/maesan/batu nisan biasa Rp1.375.000,-, kalau paket lengkap batu nisan keramik seharga Rp1.575.000,-. Batu nisan, ganjel, papan dan patok siap antar sampai pemakaman Desa Sukowiyono.

Selanjutnya pada Maret 2022 melakukan pengembangan penambahan unit usaha ketiga yakni PPOB (Payment Point Online Bank). PPOB adalah layanan khusus untuk membantu masyarakat dalam melakukan pembayaran menggunakan sistem perbankan.

Ada banyak sekali jenis pembayaran yang dapat dilayani oleh PPOB, antara lain:

  • Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
  • Tagihan listrik pasca bayar
  • Pembelian token listrik prabayar
  • Pulsa untuk ponsel
  • Paket internet
  • Tagihan kartu kredit
  • Tagihan PDAM
  • Cicilan kendaraan bermotor
  • Iuran rutin BPJS Kesehatan
  • Dan masih banyak lagi.

Dengan ketiga unit usaha tersebut di atas Artha Marga Mukti sudah bisa memberi PADes 43 juta kepada Desa Sukowiyono terhitung s/d 2022 ini.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Yos Sudarso No. 1 Desa Sukowiyono
Desa : Sukowiyono
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : sukowiyono.padas@gmail.com